Translate

My Blog List








Wednesday, September 1, 2010

THE ART OF TRADITIONAL MUSIC INSTRUMENT DEMUG of specific INDONESIA


THE ART OF TRADITIONAL MUSIC INSTRUMENT DEMUG of specific INDONESIA



Demung adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan.
Dalam satu set gamelan biasanya terdapat 2 demung, keduanya memiliki versi pelog dan slendro. Demung menghasilkan nada dengan oktaf terendah dalam keluarga balungan, dengan ukuran fisik yang lebih besar. Demung memiliki wilahan yang relatif lebih tipis namun lebih lebar daripada wilahan saron, sehingga nada yang dihasilkannya lebih rendah. Tabuh demung biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu, lebih besar dan lebih berat daripada tabuh saron.
Cara menabuhnya ada yang biasa sesuai nada, nada yang imbal, atau menabuh bergantian antara demung 1 dan demung 2, menghasilkan jalinan nada yang bervariasi namun mengikuti pola tertentu. Cepat lambatnya dan keras lemahnya penabuhan tergantung pada komando dari kendang dan jenis gendhingnya. Pada gendhing Gangsaran yang menggambarkan kondisi peperangan misalnya, demung ditabuh dengan keras dan cepat. Pada gendhing Gati yang bernuansa militer, demung ditabuh lambat namun keras. Ketika mengiringi lagu ditabuh pelan. Ketika sedang dalam kondisi imbal, maka ditabuh cepat dan keras.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

User View

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
 

THE ART OF TRADITIONAL of specific INDONESIA AND FAMOUS TOURIST PLACE IN BALI Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha